Sabtu, 20 Februari 2021

Pemkab Pasbar Akan Gelar Pilwana Serentak di 19 Nagari Juli Mendatang

Berbagi >
IKLAN

 

 Kantor Bupati Pasaman Barat

Pasaman Barat, zamanterkini.com -----Pemerintah Kabupaten  Pasaman Barat akan melakukan pemilihan Walinagari (Pilwana) serentak pada bulan Juli 2021 mendatang.

 

Pemilihan itu dilakukan karena seluruh masa jabatan walinagari di Pasaman Barat telah berakhir. Saat ini kepala pemerintahan nagari dikepalai oleh pejabat walinagari yang di tunjuk oleh Pemerintah Daerah.

 

Sudah saatnya dilakukan pilwana, karena kita menimbang semua masa jabatan walinagari sudah berakhir, "kata Kepala Bagian Pemerintahan Nagari, Jon Wilmar, kamis, (18/02/2021).

 

Ia mengatakan ada 19 pemerintahan nagari di Pasaman Barat dan saat ini semuanya dipimpin oleh pejabat walinagari (pj). Untuk itu perlu diadakan Pilwana.

 

Kalau tidak di bulan Juli atau di bulan Agustus 2021. Persiapan di segi anggaran pun sudah di persiapkan, kata Jon Wilmar.

 

Menurutnya anggaran persiapan itu disediakan mulai dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat nagari. Untuk di tingkat kabupaten seputar sosialisasi pilwana.

 

Kemudian undang undang pilwana, regulasi,  peninjauan, sosialisasi perda pilwana kepada calon walinagari. Sedangkan untuk dinagari anggaran  juga telah di persiapkan.

 

Ia menjelaskan dalam pilwana mendatang tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19, baik ditempat pemungutan suara (TPS) maupun saat sosialisasi di nagari.

 

Karena masih pandemi covid-19, standar protokol kesehatan tetap dilaksanakan, ya seperti pemilihan kepala Daerah serentak yang baru saja dilaksanakan katanya.

 

Jon Wilmar juga mengungkapkan dalam menjelang pilwana serentak mendatang sudah banyak nama nama calon Walinagari yang mulai bermunculan, baik nama lama maupun nama baru.

 

Yang lebih penting bagaimana menjaga masyarakat, agar tidak terpecah belah karena pilwana ini, calonkan sudah muncul, saya sarankan untuk menjaga ketertiban, pintanya.

 

Setiap calon, harus bisa menjaga ketertiban dan keamanan selama pilwana. Jangan karena pilwana masyarakat masyarakat menjadi terkotak katik karena beda dukungan, katanya.

 

Untuk diketahui ada 19 pemerintahan nagari di Pasaman Barat yakni nagari kinali, nagari Koto Baru, nagari kapa, nagari sasak, nagari lingkuang Aua, nagari Aia Gadang, nagari Aua kuniang.

 

Kemudian nagari kajai, nagari Talu, nagari sinuruik nagari muara kiawai, nagari Rabi Jonggor, nagari sungai Aur, nagari ujunggading, nagari Parit, nagari batahan, nagari Desa Baru, nagari Air Bangis.**pdp


Berbagi >

1 komentar: