Rabu, 28 Februari 2024

Gelar Tabliq Akbar dan Perpisahan Santri, Bupati Hamsuardi Apreasiasi Program Keagamaan Ponpes ZAMIGA

Berbagi >
IKLAN

 



LIPUTAN KHUSUS ZAMIGA

 Penyembuatan Bupati Pasbar dalam kegiatan di Ponpes ZAMIGA


Pasbar, zamanterkini.com ----- Pondok Pesantren Zaminul Ghairi (Ponpes Zamiga) Parit Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat Provinsi Sumatera Barat sukses menggelar Tabligh Akbar dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H/ 2024 M sekaligus perpisahan santri kelas akhir SMK TI Zamiga dan naik tingkat kelas IX MTs PP Zamiga menuju SMK TI Zamiga, Selasa (27/2/ 2024). 





Acara tersebut dihadiri Bupati Pasbar, H. Hamsuardi, Kaban Kesbangpol,  Depi Irawan, S.Pd, Camat Koto Balingka Bahrul Ilmi, Kacabdin Wilayah VI Dinas Pendidikan Sumbar, Efri Syahputra, S.Ag, M.Pd, Wali Nagari Parit, Arie Budiman, SE, Ketua Yayasan Irti Zamin, SS dan stakeholder terkait lainnya. 

Juga hadir Babinsa Parit, Serna Panguduran, para tokoh masyarakat sejumlah kepala sekolah, para wali murid, majelis guru dan keluarga besar Ponpes Zamiga. Kegiatan pun tampak meriah dan semarak.


Hamsuardi


Pada kesempatan itu, Bupati Hamsuardi atas nama Pemda mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi yayasan Zamiga yang telah menerapkan program Tahfidz Alquran Pemerintah Daerah dan turut serta melakukan pembinaan pendidikan di Pasbar. Hari demi hari lanjutnya, perkembangan pelaksanaan pendidikan di yayasan Zamiga berjalan dengan baik.


Ia juga menegaskan, Pemda Pasbar terus berupaya mewujudkan kehidupan yang lebih baik melalui program Tahfidz menuju Pasbar dan Indonesia Emas 2045. Ia menghimbau seluruh masyarakat Pasbar mendukung Tahfidz Alquran, Magrib Mengaji dan program unggulan lainnya. 





"Selalu kita sampaikan, Pemda sudah melakukan survey  bagaimana mencerdaskan masyarakat dan menumbuhkan akhlak yang baik menuju Indonesia Emas 2045, maka kita buat Program Tahfidz Alquran. Alhamdulillah yayasan ini sudah menjalankannya," jelasnya. 

 Hadiri Tabliq Akbar di ZAMIGA


Di akhir acara, Bupati Hamsuardi, Kaban Kesbangpol, pimpinan pondok pesantren bersama stakeholder terkait meresmikan ruang kelas baru yang ditandai dengan pengguntingan pita. Bupati Hamsuardi berharap ruang kelas baru itu dapat dimanfaatkan dengan baik dan menambah motivasi santri dalam belajar.


 Persmian 1 unit ruang kelas baru Ponpes ZAMIGA



Sebelumnya, Kacabdin Wilayah VI Pasaman dan Pasaman Barat, Efri Syahputra dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerja keras yayasan dalam mengembangkan pendidikan khususnya Ponpes ZAMIGA yang menaungi dua lembaga pendidikan yakni SMK TI ZAMIGA dan MTs PP ZAMIGA.






" Kehadiran kami selaku Kacabdin Wilayah VI ini merupakan tanda perhatian kami terhadap satuan pendidikan tingkat SLTA tidak hanya sekolah negeri tapi juga sekolah swasta, seperti SMK ZAMIGA ini, saya juga menyampaikan  apresiasi yang tinggi terhadap giat dan program ZAMIGA, termasuk bidang keagamaan sebagai sekolah herbasis pesantren, " ucapnya.


Efri Syahputra



Selain memotivasi kepada para peserta didik, Efri juga mengajak wali murid untuk tetap semangat dan berupaya dalam mendukung cita cita anak, apakah melanjutkan pendidikan anak, mencari pekerjaan atau berwira usaha.

 


"Sesungguhnya potensi anak-anak didik kita SMK secara konsepnya disiapkan untuk tiga hal yang sering kita sebut dengan BMW. Bahwa tamatan SMK muaranya ada tiga, yang pertama B, bekerja karena mereka sudah disiapkan dengan kompetensi. Kedua M, yaitu melanjutkan ke perguruan tinggi, dan yang ketiga W yaitu wirausaha, "jelasnya.


Irti Zamin, SS




Sementara itu, Kepala SMK TI ZAMIGA, Irti Zamin, SS, yang juga pendiri yayasan YPPIT ZAMIGA, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pasaman Barat yang telah menyemparkan waktu menghadiri kegiatan Tabliq Akbar di ZAMIGA, sekaligus juga meresmikan 1 unit ruang kelas baru yang dibangun dari anggaran Pemda Pasbar sebesar Rp. 150 juta [ada taun anggaran 2023 yang lalu.






"Terima kasih atas kehadiran pak Bupati dan segala perhatiannya. Kami sangat terbantu dengan adanya bangunan fisik. Walaupun baru satu ruang kosong yang sederhana, namun kami sangat bersyukur. Mudah -mudahan ke depan akan ada kelanjutannya karena masih butuh setidaknya 2 ruang kelas baru lagu, karena ruangan belajar sebelumnya dipakai untuk  ruang praktek, " kata Irti.



Lebih lanju dikatakan, pihak sekolah dan yayasan juga berterima kamis kepada Kacabdin yang  mana ditengah kesibukannnya dapat berkunjung dan berhadir dalam kegiatan di ZAMIGA. Begitupun kepada camat, wali nagari, KUA, dan seluruh undangan yang berhadir pada acara Tabliq Akbar tersebut. Umumnya semua pihak yang turut membantu dan berpartisipasi dalam kesuksesan giat di ZAMIGA, "ungkap Irti.



Yudriman, S.IQ, M.Pd

Dalam kegiatan Tabliq Akbar tersebut, tanpil sebagai penceramah, Ustadz Yudriman, S.IQ, M.Pd yang juga salah seorang pendidik di Ponpes ZAMIGA. Dalam kesempatan itu ia mengajak para hadirin untuk bergembira menyambut puasa ramdhan dan mengisinya dengan kualitas iman dan taqwa. Serta lebih baik dari tahun tahun sebelumnya. 


Ia juga mengajak untuk saling bermaafan menyambut datangnya bulan suci Ramdhan.  Selain itu dia menyampaikan berbagai hal yang menjadi keutamaan bulan ramdhan dan ganjaran pahala yang diberikan oleh Allah SWT.


**** dkf/ iz


GALERI FOTO ZAMIGA


































Berbagi >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar