Jumat, 08 Maret 2024

Curah Hujan Tinggi, Banjir Kepung Pasbar, Longsor di Berbagai Tempat

Berbagi >
IKLAN

 

 Lumpuh Akibat Banjir di Sungai Aur 



Pasaman Barat, zamanterkini.com ---- Curah hujan yang tinggi dan terus menerus sejak kemaren, membuat berbagai kawasan di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), sejak Kamis malam (7/3/2024) hingga Jumat siang (8/3/2024) diterpa longsor dan banjir.



 Jl. Lintas Simpang Empat - Talu - Panti terputus 


Dari informasi yang dihimpun media ini diketahui bahwa Salah satu badan jalan yang longsor akibat tingginya intensitas hujan ini adalah  jalan lintas Panti- Simpang Empat. Tepatnya di Rimbo Kejahatan Nagari Kajai Kecamatan Talamau. Akibatnya arus transportasi Simpang Empat - Panti putus total.



"Badan jalan itu terban akibat longsor, Kamis sekitar pukul 22.45 WIB, "kata Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Barat Afrizal di Simpang Empat. 


 Jembatan Rura Patontang Terputus 


Kawasan lain yang mengalami longsor dan jalan terputus terjadi di Jalan Rura Patontang pada Kamis sekitar pukul 15.00 WIB,  Jembatan yang menghubungkan jorong Rura Patontang dengan Jorong Pegambiran terputus. sehingga warga Rura Patontang jadi terisolasi.


Longsor juga menimpa Muara Binongo ( Paraman Sawah ) - Sawah Mudik Ranah Batahan. Badan jalan amblas dan perkuatan tebing yang baru saja dibangun ikut ambruk dan hancur kembali. Jika dibiarkan lama, badan jalan di lokasi tersebut dikhawatirkan akan putus total.


Jalan Paraman Sawah - Kp. Pinang - Sawah Mudik 


Sementara itu Jumat pagi hingga siang sejumlah tempat di Pasbar juga terkepung banjir. Seperti terpantau wartawan ini bahwa arus  transportasi dari Ujung Gading ke Simpang Empat dan sebaliknya di Kabupaten Pasaman Barat  juga lumpuh tak bisa dilewati. 



Akibatnya, di berbagai tempat terlihat kemacetan dan antrian kendaraan menunggu banjir mereda. Seperti di berbagai titik di Kecamatan Sungai Aur dari sekitar SMPN 1 Sungai Aur hingga Simpang Jalan Agro Wiratama tidak bisa dilewati. 





Banjir yang cukup besar juga terjadi di kawasan  Batang Saman Kecamatan Pasaman mengakibatkan jalan lintas utama tersebut juga tidak bisa dilewati kendaraan.


Kawasan lain terjebak banjir, seperti di Aek Napal Kecamatan Ranah Batahan. Dikabarkan satu unit rumah hanyut terbawa arus. 


Kemudian banjir di Air Bangis dan Silawai Kecamatan Sungai Beremas mengakibatkan jalan lintas Air Bangis-Ujung Gading juga  tidak bisa dilewati kendaraan, 


Informasi yang diperoleh Jumat, bahwa banjir juga melanda kawasan Sukarame Lembah Melintang. Selain itu juga di Jorong Sialang Kecamatan Sasak Ranah Pasisia  


Warga berharap banjir segera surut sehingga arus transportasi kembali lancar dan aktivitas masyarakat juga kembali normal. ****" i
Berbagi >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar