Sabtu, 23 Maret 2024

Sejumlah Camat Diganti, Sekda; "Mutasi adalah Hal yang Lumrah dan tak Perlu Dipersoalkan"

Berbagi >
IKLAN




 Sertijab 5 Camat kawasan Utara Pasbar

Pasbar, zamanterkini.com  ---- Sejumlah Camat di lingkungan pemerintah Kabupaten Pasaman Barat  Provinsi Sumatera Barat mengalami mutasi dan pergantian. Ada yang pergantiannya jelang akhir tahun lalu. Dan banyak juga yang berganti pasca pemilu dalam bulan suci Ramadhan 1445 H/ 2024 M.  


Dari referensi yang ada, gelombang mutasi khususnya jabatan camat di Pasbar, sebenarnya sudah mulai sejak tahun sebelumnya, dan jelang akhir tahun lalu, pada bulan November 2023, dua camat diganti. Yakni Kecamatan Pasaman dan Kecamatan Talamau. 


Terus, mutasi bergulir lagi pasca pemilu. Bertepatan pula dalam bulan suci Ramadhan 1445 H tahun ini. Dalam bulan maret 2024 ini, lima camat telah diganti secara bergiliran. 


"Kok banyak camat berganti ya, momennya pas pula di bulan puasa, mengapa nggak siap lebaran saja dan sepertinya semuanya di kawasan utara Pasbar ini, " tanya seorang pemuka masyarakat kepada media ini, yang diundang dalam sertijab camat di sebuah kecamatan.


"Iya kalau posisi yang diganti masih "aman" dan  diberikan sesuai  kompetensinya, kalau non job, bagaimana? tanyanya lagi.


Sekdakab Pasbar, Henndra Putra dalam pidatonya ketika pelaksanaan sertijab, menyebut bahwa mutasi dan rotasi mrupakan hal yang lumrah dalam pemerintahan daerah. Dan hal ini tak perlu dikomentari  dan dipersoakan.


"Mutasi dan rotasi adalah hal yang lumrah dan tak perlu dipersoalkan. Sebab, ini merupakan hal biasa bagi pegawai negeri sipil di lingkup Pemda. Dan merupakan kewenangan kepala daerah sesuai ketentuan yang berlaku, " jelas Hendra Putra


"Mutasi, rotasi dan promosi merupakan hal yang biasa bagi pegawai negeri sipil dan menjadi suatu bentuk pembinaan dan pengembangan karir bagi PNS," katanya lagi.

Ketika Sertijab Camat Sungai Aur, Sekretaris Daerah Pasaman Barat Hendra Putra yang membacakan sambutan bupati menyampaikan bahwa proses promosi rotasi dan reshuffle dalam pemerintahan merupakan sebuah kebutuhan. Bukanlah suatu fenomena birokrasi yang luar biasa. Tetapi dilaksanakan guna memenuhi berbagai tantangan dan kebutuhan yang berkembang pada internal kecamatan itu sendiri. 


Masih sambutan bupati  ketika Sertijab Camat Lembah melintang yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Armen bahwa jabatan adalah amanah dan kepercayaan, karena tidak ada jabatan yang abadi melainkan tergantung pada kompetensi dan kinerja yang akan dievaluasi secara berkala. Proses promosi, rotasi dan reshuffle lanjutnya, dalam pemerintahan merupakan sebuah kebutuhan guna menghadapi tantangan  yang berkembang.


Berikut adalah lima camat yang mengalami mutasi.


Pertama, adalah Camat Sungai Aur dari Armaizon S.Sos kepada Drs. Mohammad Zenni. Sertijab dilaksanakan oleh Sekretaris Daerah, Hendra Putra,  Senin (4/3) di Aula Kantor Camat setempat. Armaison menjabat sekitar dua tahun kurang, yakni sejak 25 Juli 2022, ketika itu  mengantikan Sahdan. 


Kedua,  Sertijab Camat Kecamatan Lembah Melintang dari pejabat lama Arpan kepada pejabat baru Syaiful ,  Jumat (15/3)  oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Armen . Masa kerja Arpan hanya sekitar 1 tahun sejak dilantik pada 31 Mei 2023 yang sebelumnya menggantikan Erita Nauli, yang juga menjabat sekitar 1 tahun.


Ketiga, pergantian Camat Sungai Beremas dari Asrinal S.Pd kepada Yumbri S.Pd. Pelantikan dan Sertijab dilaksanakan Jumat (15/3) di kantor camat setempat oleh Sekdakab Hendra Putra.Masa jabatan Asrinal selama dua tahun sejak dipercaya menggantikan Afkar pada Maret 2022.


Keempat, Sekdakab Pasbar Hendra Putra melantik dan melakukan serah terima jabatan Camat Koto Balingka dari pejabat lama, Bahrul Ilmi kepada camat yang baru, Makmur Hidayat di Aula kantor Camat, Kamis (21/3). Masa kerja Bahrul Ilmi terbilang cukup lama sekitar 2, 5 tahun sejak dilantik menggantikan Erita Nauli pada 9 September 2021.

Kelima, pergantian camat Gunung Tuleh dari pejabat yang lama Perdinan Ujang kepada pejabat yang baru Muhammad Ghor yang sebelumnya sudah pernah menjabat sebagai camat pada kecematan yang sama, Sertijab dilakukan Sekdakab, Hendra Putra pada Kamis (22/3).  Masa kerja Ferdinan Ujang sebagai camat Gunung Tuleh tidak sampai setahun sejak ia bertugas menggantikan Muhammad Ghor  pada 13 September 2023.


Dengan pergantian Camat Gunung Tuleh, maka untuk kawasan utara Kabupaten Pasaman Barat, tinggal satu kecamatan yang masih aman dari mutasi, yakni Kecamatan Ranah Batahan. Ini berkemungkinan karena camat saat ini, Kahiruddin masih baru menjabat.  Ia bertugas sejak akhir Mei 2023, yang ketika itu menggantikan camat lama, Halman. *** IRZ


Berbagi >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar