Rabu, 08 Mei 2024

Najjar Lubis Kerahkan Compector untuk Pemadatan Bahan Material Jembatan Tombang Padang

Berbagi >
IKLAN

Peduli Pembangunan 



 Pemadatan material pada permukaan jembatan Tombang Padang 




Pasaman Barat, zamanterkini.com ---- Kepedulian Najjar Lubis  dalam membantu penanganan Jembatan Tombang Padang Nagari Pematang Panjang Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) yang sebelumnya ambruk, ternyata dikerjakannya hingga pemadatan dengan menggunakan Compactor untuk menggilas dan memadatkan material sehingga tercipta permukaan yang datar dan stabil.


Beberapa hari lamanya Najjar Lubis, tokoh masyarakat asal Aek Nabirong yang juga Owner Peridon Siapmaju, mengerahkan alat berat dan operatornya serta dumb truck beserta bahan material, guna penangan dan perbaikan jembatan yang ambruk yang sempat membuat transportasi dua kecamatan putus total.

.

Sejak selasa kemaren (7/5/2024), jembatan Tombang Padang kian lancar dilalui kenderaan karena permukaan timbunan untuk jembatan sementara, kian kokoh dan datar sehingga kian mudah ditempuh. Hal ini setelah Najjar Lubis mengerahkan pula alat berat berupa convector untuk pemadatan. 


"Kita telah berupaya sedaya mampu untuk membuat jembatan sementara. Dan ini memang swadaya murni untuk membantu msayarakat agar  lancar beraktivitas, juga membantu program Pemda untuk perbaikan infrastruktur jalan umum  "kata Najjar yang dihubungi via pesan whatsapp selasa malam.






Dijelaskan bahwa konstruksi jembatan masih bersifat sementara. Ke depan perlu dianggarkan oleh Pemda Pasbar untuk penggantian jembatan dengan konstruksi yang baru sesuai kebutuhan dan kondisi lapangan. 

  

Sebagaimana diketahui sejak Rabu malam ( 1/5/2024) jembatan Tombang Padang ambruk akibat hujan yang berkepanjangan dan tergerusnya pondasi tiang jembatan oleh aliran anak air yg diperparah limpahan air hujan.


Keesokan hatinya, Najjar mengerahkan alat berat berupa excavator dan dumb truck serta mendatangkan material secara sukarela untuk penanganan jembatan agar bisa dilewati kembali.  


Pantauan di lapangan, mulai Sabtu sore sudah bisa dilalui kenderaan roda dua maupun roda empat. Namun belum dikeraskan dan dipadatkan.

 

Najjar Lubis kembali mengerahkan alat berat berupa compactor untuk  melakukan pemadatan dan pendataran permukaan jalan. 



 " Alhamdulillah saat ini sudah lebih bagus, datar dan padat permukaan jembatan setelah pak Najjar turun tangan menangani jembatan pasca bencana, "kata Kepala Jorong Tombang Padang Nagari Pematang Panjang, Arifin Matondang kepada Pro Pers Group beberapa hari lalu.

  

Masyarakat, kata kepala jorong sangat berterima kasih kepada Najjar Lubis. Sebab, berkat usaha dan  perhatiannya, akhirnya sudah bisa ditempuh kenderaan dan transportasi kembali normal. 


"Kita sangat berterimakasih kepada bapak Najjar lubis, berkat usaha dan semangatnya, sehingga jembatan dapat dilewati. Dan akses perhubungan antar dua kecamatan (Koto Balingka dan Ranah Batahan) kembali lancar ditempuh kenderaan.  Aktivitas masyarakat dan perekonomian pun kembali berputar, " ucap Arifin.

 

Disampaikan bahwa, untuk penggantian jembatan permanen diharapkan adanya bantuan anggaran dari Pemkab Pasbar. Dan semoga kata kepala jorong dapat dianggarkan oleh Pemda pada APBD perubahan. **** Irz

Berbagi >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar