Minggu, 14 Maret 2021

Perencanaan Ke Depan, Gedung Lama Puskesmas Silaping akan Dialihfungsikan jadi Lokasi Taman Kota Kecamatan

Berbagi >
IKLAN

 

 Gedung Lama Puskesmas Silaping

Pasaman Barat, zamanterkini.com ----Gedung baru yang lebih refresentatif sudah dibangun dan telah ditempati. Perencanaan ke depan, gedung lama Puskesmas Silaping Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) akan diruntuh dan diratakan.


Informasi yang diperoleh  menyebutkan, lokasi bangunan puskesmas lama yang berada di depan gedung baru Puskesmas Silaping, persis di pinggi jalan raya, tak jauh dari Kantor Camat Ranah Batahan ini, akan dijadikan kawasan taman kota kecamatan.


Walau bangunan ini terlihat masih berdiri kokoh dan megah dengan konstruksi bertingkat, namun karena sudah ada penataan baru dengan lokasi lahan hibah yang sudah ada di belakangnya, yang kini telah dibangun gedung baru, maka gedung lama akan difungsikan untuk pembangunan lain , sesuai program kecamatan.


Kepala Puskesmas Silaping, Efrinaldi, M.Kes, yang dihubungi Sabtu (13/3/2021) lalu membenarkan adanya program peralihan fungsi gedung lama. Menurutnya untuk sementara memang akan dipakai untuk ruang isolasi Covid-19 dan TB. Namun jangka panjang ada program pembangunan taman kota kecamatan. Lokasi ini dinilai sangat strategis untuk program tersebut.

  

Taman kota memang memiliki fungsi ekologis dan sosialis. Dan  keberadaannya dapat membantu mereduksi polusi udara yang ada di kawasan perkotaan. Serta juga dapat digunakan sebagai wadah dalam menciptakan interkasi sosial hingga membentuk budaya sehat bagi masyarakat.


Selain itu, dapat membantu fungsi hidrologi tanah dalam menyerap air dan mereduksi potensi banjir. Sebab ada pepohonan yang akan meresapkan air ke dalam tanah sehingga pasokan air dalam tanah semakin meningkat.  


Lebih lanjut dikatakan, program taman kota kecamatan ini, juga sudah mendapat dukungan dari tokoh masyarakat seperti anggota DPRD asal Ranah Batahan.


"Memang sudah hampir bisa dipastikan nantinya gedung lama ini akan dibongkar dan diratakan dengan tanah, untuk kemudian ditata ulang sesuai perencanaan pihak kecamatan, "ujarnya.


Menurut Efrinaldi, jika dijadikan taman kota kecamatan tentunya tergantung program pemerintah kecamatan. Namun yang sangat mendesak saat ini menurut Efrinaldi, dengan telah difungsikannya gedung puskesmas baru adalah adanya pembangunan jembatan permanen menuju lokasi gedung baru. Kemudian juga pembanunan pagar dan landscape puskesmas. 


"Memang kita sangat berharap adanya kelanjutan pembanguna puskesmas ini , terutama jembatan pendek yang ada di depan untuk dibangun permanen, juga pagar dan lanscape, "harapnya. ***irti z

Berbagi >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar