Rabu, 06 Oktober 2021

Wabup Risnawanto Buka Orientasi Pengurus PMI Pasbar 2021

Berbagi >
IKLAN

 

Wabup Risnawanto membuka orientasi dan pembekalan pengurus PMI Kabupaten Pasaman Barat tahun 2021


Pasbar, zamanterkini.com -- Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto, menghadiri sekaligus membuka orientasi dan pembekalan pengurus PMI Kabupaten Pasaman Barat tahun 2021, Selasa (5/10) di Auditorium kantor bupati setempat. Orientasi dan pembekalan tersebut, merupakan rangkaian dari agenda pelantikan kepengurusan PMI masa bakti 2021-2026.

Dalam sambutannya, Ketua PMI Pasbar, Risnawanto mengucapkan terimakasih kepada pengurus beserta jajaran yang telah membantu masyarakat Pasbar. Ia berharap, jerih payah dan ketulusan pengurus dan relawan PMI kelak akan menjadi amal ibadah.

"Saya atas nama Pemerintah Daerah dan ketua PMI mengucapkan terimakasih, kepada pengurus yang tiada hentinya membantu masyarakat Pasbar, mengantisipasi laporan masyarakat baik dalam kondisi ditengah pandemi covid 19 maupun dalam hal kemanusiaan lainnya. Semoga, semua kebaikan menjadi amal ibadah dihadapan Allah SWT".

Risnawanto menyebutkan, orientasi penting bagi kepengurusan PMI. Berbagi ilmu dan pengamatan, mengenal tugas pokok dan melaksanakan tupoksi masing-masing. Sehingga, manfaat PMI dapat dirasakan ditengah masyarakat.

Untuk kegiatan dan program di tahun 2022 lanjutnya, harus ada inovasi baru sebagai tambahan dari kegiatan yang sudah dilaksanakan di tahun 2021. Ia berharap PMI, dapat menjalin kerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Pasbar.

"Banyak OPD Pemda yang bisa bersinergi dengan PMI seperti Dinas Sosial contohnya, BPBD tentang kebencanaan, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB, dan OPD lainnya. Bersama OPD kegiatan kita semakin menyentuh. Sebab, PMI dan Pemda sama-sama berhubungan langsung dengan masyarakat", ujar Risnawanto.

Ketua PMI meminta camat, wali nagari, jorong beserta pengurus mengajak dan membina generasi muda sebagai kader pemimpin masa depan dalam kegiatan kemanusiaan yang dapat diarahkan sebagai calon relawan masa depan pengemban misi PMI.

Sementara itu, Ridawarsa, Kepala Markas PMI Kabupaten Pasaman Barat menjelaskan Orientasi merupakan agenda wajib untuk setiap kepengurusan yang baru dibentuk dan agenda wajib bagi relawan yang baru mendaftarkan diri. Setelah orientasi, akan diberikan pembekalan sesuai instruksi yang disampaikan Ketua PMI yakni menjalin kerjasama dengan OPD dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Pasbar.

"Mengenali seperti apa organisasi ini, apa prinsip-prinsipnya, sejarah lahirnya PMI, tupoksinya apa, dan sebagainya. Selanjutnya dalam orientasi diberikan juga pembekalan, membuat suatu inovasi dalam pelayanan kepada masyarakat dengan menggandeng OPD"jelasnya.

Ridawarsa menambahkan, pengurus yang mengikuti orientasi dan pembekalan sebanyak 15 orang. "Pengurus ini lah nantinya, akan dilantik bersamaan dengan Dewan Kehormatan,"sebutnya.
Berbagi >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar