Minggu, 07 Januari 2024

Dalam Sidang Paripurna HUT Pasbar, Bupati Hamsuardi Menyebut SDM Pasbar Cukup Menggembirakan

Berbagi >
IKLAN

 




Pasbar, zamanterkini.com ----  Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pasbar ke-20, Minggu (7/1) berjalan dengan lancar. Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Hansastri memberikan apresiasi kepada Bumi Mekar Tuah Basamo karena telah berhasil memekarkan 71 nagari dari 19 menjadi 90 nagari.

Sidang Paripurna dibuka oleh Ketua DPRD Pasbar Erianto, didampingi Wakil Ketua Endra Yama Putra, Daliyus K dan disaksikan oleh anggota DPRD Pasbar lainnya.

Hadir dalam sidang Paripurna istimewa tersebut Bupati Hamsuardi, Wakil Bupati Risnawanto, Forkopimda, Anggota DPR RI, anggota DPRD Sumbar, DPD, Ketua DWP Provinsi Sumbar Lina Hansastri, Ketua TP PKK Ny. Titi Hamsuardi, Ketua GOW Ny. Fitri Risnawanto, Sekda Hendra Putra, Ketua DWP Ny. Ayu Hendra Putra, Kepala OPD, Forkopimda, camat, wali nagari, instansi vertikal, tokoh adat, tokoh masyarakat, para kepala sekolah se-Pasbar, dan stakeholder terkait lainnya.

 

Bupati Hamsuardi mengatakan bahwa tema HUT Pasbar ke-20 adalah Pasbar Beriman, Pasbar Berprestasi dan Pasbar Maju, yang menggambarkan perwujudan berakhlakul karimah. Sehingga terwujud Pasaman Barat yang maju dan mampu bersaing dengan daerah lainnya di Provinsi Sumatera Barat maupun Indonesia secara umum.

"Pembangunan SDM telah menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan, ditandai dengan

meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia, dari 69,57 persen pada tahun 2022 menjadi 70,19 persen pada tahun 2023," katanya.

Ia menambahkan, di bidang kesehatan, angka harapan hidup meningkat dari tahun 2022 ke tahun 2023, yakni 68,25 menjadi 68,53 persen. Di bidang pendidikan, Rata-rata Lama Sekolah meningkat dari 8,55 menjadi 8,81. Rata-rata Harapan Lama Sekolah meningkat dari 13,69 menjadi 13,70.

"Pada tahun 2024 ini, kita masih mengalokasikan anggaran untuk pemenuhan SPM bidang pendidikan, antara lain pembangunan ruang kelas baru PAUD, SD di 30 titik dan SMP di 19 titik. Pembangunan sarana dan prasarana sekolah, seperti toilet, pagar, dan sebagainya tingkat SD, SMP, dan PAUD. Rehabilitasi ruang kelas dan rehabilitasi. ruang belajar tingkat SD, SMP, dan PAUD. Pembangunan ruang Pustaka, ruang guru, mebel di tingkat SD, SMP, dan PAUD. Penyediaan bantuan perlengkapan belajar bagi siswa SD dan SMP dari keluarga kurang mampu. Untuk Program Unggulan Pasbar Sehat pada tahun ini, masih mengalokasikan anggaran sebesar 45 milyar rupiah untuk membiayai premi JKN Kelas III bagi masyarakat kurang mampu,” jelasnya. *** tria/ i

Berbagi >

Tidak ada komentar:

Posting Komentar